Mengajari Anak Berbahasa Inggris

Diposting oleh Saifullah on Minggu, Januari 15, 2012
Pada usia anak mulai belajar berbicara, kita akan lebih mudah mengajarinya berbicara dengan bahasa yang digunakan orang tuanya. Bahasa Inggris yang kita ajarkan padanya pun akan cepat dengan mudah ia tangkap karena penggunaan nya yang sering di rumah.
Perkembangan anak sangat di ikuti oleh orang tuanya. Semua apa yang terjadi pada nya pun dapat kita rekam sebagai orang tua nya. Mulai dari pertama ia bisa mulai tersenyum, mulai bermain, berbicara hingga awal ia berjalan pun kita rekam semua dalam ingatan sebagai orang tua yang baik. Dan sebagai orang tua yang faham akan kebutuhan jaman sekarang, kita wajib memberikan pelajaran yang sangat penting guna tumbuh kembang nya pada esok kelak. Belajar berbahasa Inggris sangatlah penting, karena bahasa Inggris ini sangat mendunia. Semua kelak akan menggunakan bahasa ini sebagai komunikasi internasional. Tak hanya dari negara kita saja orang belajar bahasa Inggris. Orang orang dari negara negara maju lain nya yang keseharian tidak berbahasa Inggris pun mulai ramai belajar bahasa Inggris ini. Karena memang kebutuhan bahasa Inggris ini yang sangat mendunia.
Untuk itu perlu penanaman pendidikan berbahasa ini mulai sedari dini. Karena bila sudah di latih sejak kecil, maka dalam pelajaran ke depan nya bahasa Inggris buat anak bukan lah momok yang mengerikan untuk di pelajari. Dan kita pun selaku orang tua harus mengajarkan anak dengan penuh suka cita dan keceriaan, agar yang di tangkap akan lebih mudah dan menyenangkan. Biasa nya pada usia 3 tahun si anak akan mulai belajar berbicara dengan jelas dan mudah dimengerti. Pada usia inilah yang sangat efektif untuk memulai pembelajaran bahasa kepada sang anak. Anak akan mudah menangkap hal hal yang di ajarkan orang tua kepadanya. Bahasa sehari hari yang kita gunakan di rumah pun sangat berperan penting bagi bahasa yang akan dipakainya. Untuk itu gunakan bahasa Inggris pada sedikit percakapn dengan nya. Hal hal yang tidak terlalu berat lebih dulu.
Misalkan untuk memanggilnya menghampiri, bisa gunakan kata kata “come here”. Atau untuk menyuruhnya mengambil sesuatu dengan kata “get it “, seraya menunjuk pada sesuatu yang harus di ambilnya. Kata sederhana lain bisa dengan menunjukkan benda di dalam rumah tapi dengan bahasa Inggris tentunya. Kata kata sederhana awalnya ini akan memicu nya mengenali kalimat kalimat yang baru. Bila berada di luar rumah kita bisa mengawali percakapan dengan melihat keadaan sekitar, biasa melihat burung yang terbang dengan mengatakan “the bird is flying”. Kalimat sederhana yang mudah di ingat. Dan perlu di ingat bahwa anak anak akan suka pengulangan kata. Dan ada baik nya kita lakukan yang demikian. Dengan pengulangan kata dan pemahaman serta keceriaan yang di berikan orang tua tanpa beban, si anak akan dengan mudah merekam itu semua dalam otaknya. Sehingga kelak di masa depan ia sudah memiliki bekal untuk menatap ke depan nya. Dan bahasa Inggris yang tadinya asing kini sudah familiar di telinganya. Karena penggunaan yang terlalu sering dari dalam rumah nya.

0 komentar:

Posting Komentar